cmos 1

Jangan buru2 ganti baterai CMOS laptop!

Problem :

  • Settingan BIOS selalu kembali ke default
  • Tanggal jam dan tanggal selalu berubah mundur kebelakang
  • Settingan boot selalu kembali ke default UEFI to legacy atau sebaliknya

Hal ini dikarena baterai CMOS atau dikenal juga sebagai baterai BIOS telah habis dan diperlukan penggantian. Namun yang terjadi biasanya dalam selang waktu tidak lama hitungan hari atau minggu problem tersebut diatas akan terulang kembali dikarenakan baterai CMOS habis dan harus dilakukan penggantian kembali.

Kok bisa?

Karena baterai CMOS hanya baterai backup … ane ulang lagi ya … baterai CMOS hanya baterai backup. Baterai CMOS hanya memiliki kapasitas kecil. Untuk mempertahankan settingan BIOS agar tidak berubah harus ada power dari 1. charger, 2. baterai utama atau 3. baterai CMOS. Disaat charger tidak terpasang dan baterai utama habis, barulah baterai CMOS berperan untuk mempertahankan settingan di BIOS. Kalau baterai CMOS yang berkapasitas kecil yang fungsinya hanya sebagai backup tapi diperlakukan sebagai fungsi utama ya ga bisa om bro sekalian. Untuk keep setingan BIOS yg utama adalah dari baterai utama.

baterai 2
baterai utama internal
baterai 1
baterai utama external

 

 

 

 

 

 

 

Lalu solusinya?

Jangan jadikan baterai CMOS jadi fungsi utama karena hanya backup. Ganti baterai utama ente yg sudah jelek dengan yang baru & bagus dan jangan kebiasaan copot baterai, biarkan tenang di sarangnya ga usah dicopot pasang. Ganti baterai utama ente dengan yg OK, baru opsional untuk ganti baterai CMOS nya ya ….